PROFIL
MTsN 1 TRENGGALEK




                                                                                                                                    

KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TRENGGALEK
MTsN 1 TRENGGALEK


Alamat : Barat TMP Karangsoko Trenggalek (0355) 791562
website: www.mtsn1trenggalek.sch.id


PROFIL MADRASAH

1.      VISI, MISI DAN TUJUAN
a. VISI
Mewujudkan generasi islami-kualitas-populis, demokratis, berbudaya hidup sehat dan peduli lingkungan berdasarkan ajaran agama.

Visi ini mencakup tujuan jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Visi ini menjiwai warga madrasah kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan madrasah.  
Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita madrasah dengan indikator ketercapaian:
1.        Peningkatan penghayatan agama serta budi pekerti luhur yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan.
2.        Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif yang berfokus pada potensi akademik dan life skill siswa secara optimal.
3.        Tumbuh kembangnya kecintaan pada lingkungan hidup.
4.        Peningkatan kedisiplinan, ketertiban dan kerajinan serta rasa aman dan nyaman terhadap semua komponen madrasah
5.        Peningkatan peran serta masyarakat dalam pendidikan dengan instansi terkait dalam rangka MBS.
6.        Peningkatan pemenuhan sarana dan prasarana madrasah.
7.        Menumbuhkembangkan jiwa demokratis seluruh warga madrasah sebagai pembentuk kultur madrasah.
8.        Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
9.        Menciptakan siswa yang memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagai berikut :
Sikap :
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Pengetahuan :
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.

Keterampilan :
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan kongkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di madrasah secara mandiri.

Untuk mencapai visi tersebut, perlu dirumuskan suatu misi yang akan memperjelas arah kegiatan jangka panjang MTsN 1 Trenggalek. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas.

b.      MISI
Untuk mewujudkan visi di atas maka rumusan misi MTsN 1 Trenggalek adalah sebagai berikut :
1.      Menanamkan nilai-nilai ajaran syariat Islam melalui kegiatan yang menceminkan imtaq di lingkungan madrasah
2.      Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk meningkatkan prestasi akademik dengan menumbuhkan budaya baca.
3.      Menerapkan manajemen berbasis madrasah serta partisipasi masyarakat sebagai stakeholder untuk kemajuan madrasah.
4.      Membiasakan pola hidup sehat, bersih, indah, tertib, aman dan nyaman sebagai wujud keseimbangan ekosistem.

Di setiap kegiatan pendidikan, kami selalu menumbuhkan disiplin sesuai aturan bidang kerja masing-masing, saling menghormati, saling percaya dan tetap menjaga hubungan kerja yang harmonis dengan berdasarkan pelayanan prima, kerjasama, dan silaturahmi.
Misi merupakan kegiatan jangka panjang yang masih perlu diuraikan menjadi beberapa kegiatan yang memiliki tujuan lebih detail dan lebih jelas. Berikut ini jabaran tujuan yang diuraikan dari visi dan misi di atas.

c.       TUJUAN
1.   Tujuan Pendidikan Nasional
Tujuan Pendidikan Nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indoenesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

2.   Tujuan MTs Negeri 1 Trenggalek
Tujuan madrasah merupakan bagian dari tujuan pendidikan nasional yaitu meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Selanjutnya tujuan dari MTs Negeri 1 Trenggalek adalah sebagaimana berikut:
1.      Membiasakan ucapan salam dan jabat tangan sesuai dengan tuntunan syariat Islam
2.      Membiasakan salam dan berdoa sebelum dan sesudah proses belajar mengajar
3.      Membudayakan membaca Al-Qur’an bagi guru, karyawan dan siswa sebelum memulai pekerjaan/pelajaran
4.      Membiasakan shalat Dhuha dan Dhuhur di masjid madrasah secara berjamaah
5.      Berseragam sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku di madrasah
6.      Menerapkan proses pembelajaran pelajaran umum terintegrasi dengan ajaran agama Islam dan memfasilitasi kreatifitas dan potensi siswa dalam bidang akademik, agama, seni dan olahraga
7.      Terjalinnya kerja sama yang harmonis antara madrasah, komite, dan masyarakat sebagai stakeholder untuk kemajuan madrasah.
8.      Terwujudnya pola hidup sehat, bersih, indah dan nyaman di lingkungan madrasah
9.      Terwujudnya pencegahan pencemaran sampah, beban emisi serta penghematan energi di lingkungan madrasah.
10.  Terwujudnya kesadaran seluruh warga madrasah terhadap pelestarian lingkungan hidup baik keanekaragaman hayati, satwa dan fauna di lingkungan madrasah.



2.   STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A.           Struktur Kurikulum

Pada struktur kurikulum pendidikan dasar dan menengah berisi sejumlah mata pelajaran yang harus disampaikan kepada peserta didik.  Mengingat perbedaan individu sudah barang tentu keluasan dan kedalamannya akan berpengaruh terhadap peserta didik pada setiap satuan pendidikan. Program pendidikan terdiri dari Pendidikan Umum, Pendidikan Kejuruan, dan Pendidikan Khusus. Pendidikan Umum meliputi tingkat satuan pendidikan sekolah dasar (SD/MI), sekolah menengah pertama (SMP/MTs), dan sekolah menengah atas (SMA/MA). Pendidikan Kejuruan terdapat pada sekolah menengah kejuruan (SMK).  Pendidikan khusus meliputi sekolah dasar luar biasa (SDLB), sekolah menengah pertama luar biasa (SMPLB), dan sekolah menengah atas luar biasa (SMALB) dan terdiri atas delapan jenis kelainan berdasarkan ketunaan.
Pada program pendidikan di sekolah menengah pertama (SMP) dan yang setara, jumlah jam mata pelajaran sekurang-kurangnya 32 jam pelajaran setiap minggu. Setiap jam pelajaran lamanya 40 menit.  Jenis program pendidikan di SMP dan yang setara, terdiri dari program umum meliputi sejumlah mata pelajaran yang wajib diikuti seluruh peserta didik, dan program pilihan meliputi mata pelajaran yang menjadi ciri khas keunggulan daerah berupa mata pelajaran muatan lokal. Mata pelajaran yang wajib diikuti pada program umum berjumlah 10, sementara keberadaan mata pelajaran Muatan Lokal ditentukan oleh kebijakan Dinas setempat dan kebutuhan sekolah. 
Pengaturan beban belajar menyesuaikan dengan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur kurikulum. Setiap satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan. Pemanfaatan jam pembelajaran tambahan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi, di samping memanfaatkan mata pelajaran lain yang dianggap penting namun tidak terdapat di dalam struktur kurikulum yang tercantum di dalam Standar Isi. Dengan adanya tambahan waktu, satuan pendidikan diperkenankan mengadakan penyesuaian-penyesuaian. Misalnya mengadakan program remediasi bagi peserta didik yang belum mencapai standar ketuntasan belajar minimal.
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 54 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan dapat dirumuskan bahwa kurikulum yang dilaksanakan mencakup sebagaimana berikut:
a.    Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
b.    Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.
c.    Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
d.    Kelompok mata pelajaran estetika.
e.    Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.

1.  Agama dan Akhlak Mulia
a.    Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja
b.    Menerapkan nilai-nilai kejujuran dan keadilan
c.    Memahami keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi
d.    Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif  dan santun yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan
e.    Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntunan agamanya
f.     Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan secara bertanggung jawab
g.    Menghargai perbedaan pendapat dalam menjalankan ajaran agama

2.  Kewarganegaraan dan Kepribadian
a.    Menerapkan kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
b.    Mematuhi aturan-aturan sosial, hukum dan perundangan
c.    Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional
d.    Memanfaatkan lingkungan  secara bertanggung jawab
e.    Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri
f.     Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun
g.    Menunjukkan sikap  percaya diri
h.    Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
i.      Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
j.      Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
k.    Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, dan aman dalam kehidupan sehari-hari
l.        Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
m.    Menghargai adanya perbedaan pendapat
n.   Menghargai karya seni dan budaya nasional Indonesia

3.  Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
a.    Mencari dan menerapkan informasi secara logis, kritis, dan kreatif
b.    Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif
c.    Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
d.    Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
e.    Mendeskripsi gejala alam dan sosial
f.     Memanfaatkan lingkungan  secara bertanggung jawab
g.    Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
h.    Menerapkan hidup bersih, sehat bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
i.      Memiliki keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris sederhana
j.      Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah

4.  Estetika
a.       Memanfaatkan lingkungan  untuk kegiatan apresiasi seni
b.      Menghargai  karya seni, budaya, dan keterampilan sesuai dengan kekhasan lokal
c.       Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni

5.  Jasmani, Olah Raga,  dan Kesehatan
a.         Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang dengan memanfaatkan lingkungan  secara bertanggung jawab
b.        Mencari dan menerapkan berbagai informasi tentang potensi sumber daya lokal untuk menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang.
Struktur Kurikulum yang digunakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek merujuk pada Permen Diknas no. 22 tahun 2006. Dalam Permen tersebut dijelaskan bahwa struktur kurikulum MTs meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas VII sampai dengan Kelas IX. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran. Di MTsN 1 Trenggalek saat ini Struktur Kurikulum tersebut digunakan hanya untuk Kelas VIII dan IX. Sedangkan untuk Kelas VII merujuk pada Permen Dikbud No 68 Tahun 2013, tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs. Dalam Permen tersebut dijelaskan bahwa Struktur Kurikulum SMP/MTs disusun Berdasarkan KI ( Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar). Rumusan KI (Kompetensi Inti) dalam buku ini menggunakan notasi : 1). KI-1 untuk Kompetensi Inti Sikap Spiritual, 2). KI-2 untuk Kompetensi Inti untuk Sikap Sosial, 3). KI-3 untuk Kompetensi Inti Pengetahuan (Pemahaman Konsep), 4). KI-4 Untuk Kompetensi Inti Ketrampilan.  Dengan ketentuan sebagai berikut:
1.         Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek memuat 11 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri ditambah mata pelajaran Bahasa Arab.
2.         Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah (Kabupaten Trenggalek), termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.
3.         Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
4.         Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu”.
5.         Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
6.         Alokasi waktu satu jam  pembelajaran adalah 40 menit.
7.         Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 42 minggu.

Struktur kurikulum Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek disajikan pada Tabel  berikut:
STRUKTUR KURIKULUM MTsN 1 TRENGGALEK
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MATA PELAJARAN
ALOKASI WAKTU BELAJAR

PER MINGGU

VII
VIII
IX

Kelompok A




1.
Pendidikan Agama Islam





a. Al-Qur'an Hadis
2
2
2


b. Akidah Akhlak
2
2
2


c. Fiqih
2
2
2


d. Sejarah Kebudayaan Islam
2
2
2

2.
Pedidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3
3
3

3.
Bahasa Indonesia
6
6
6

4.
Bahasa Arab
3
3
3

5.
Matematika
5
5
5

6.
Ilmu Pengetahuan Alam
5
5
5

7.
Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4

8.
Bahasa Inggris
4
4
4

Kelompok B



1.
Seni Budaya
2
2
2

2.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
3
3

3

3.
Prakarya
2
2
     2 

4.
Teknologi Informatika dan Komunikasi



5.
Bimbingan dan Konseling
1
1
1

6
Bahasa Daerah
1
1
1

Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu + BK
47
47
47



B.            Muatan Lokal

Muatan lokal di MTsN 1 Trenggalek merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan potensi daerah. Untuk wilayah di propinsi Jawa Timur berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Timur No 19 tahun 2014 muatan lokal diisi dengan mata pelajaran Bahasa Jawa.
Bahan kajian muatan lokal yang diajarkan bersifat utuh, dalam arti mengacu kepada suatu tujuan pengajaran yang jelas dan memberi makna kepada peserta didik. Muatan lokal disusun dan diajarkan dalam jangka waktu tiga tahun atau enam semester (kelas VII, VIII dan IX) sama dengan pelajaran yang lain. Sedangkan alokasi waktu pembelajaran muatan lokal ini disesuaikan dengan jumlah akumulasi jam pelajaran yang ada, sehingga  perminggunya mendapatkan porsi satu jam pelajaran.

STANDAR ISI MATA PELAJARAN
MUATAN LOKAL (BAHASA JAWA) SMP/MTS

1.    Kelas VII (Tujuh), Semester 1 (Satu)

NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
1.1      Mendengarkan percakapan dalam berbagai kegiatan, misalnya percakapan dengan teman sebaya, guru, orang tua, dan orang yang dituakan.
1.2       Mendengarkan cerita teman tentang budi pekerti/pahlawan dalam ragam  ngoko dan krama.
1.3      Mendengarkan pengumuman tentang kegiatan di sekolah atau masyarakat.
2.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan melalui berbicara, bertelepon, dan berdialog dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh.
2.1    Berdialog.
2.2     Menelpon atau menyampaikan pesan lisan kepada orang lain.
3.
MEMBACA
Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
3.1      Membaca pemahaman bacaan sastra (cerita wayang Ramayana) atau bacaan nonsastra dengan tema tertentu.
3.2      Membaca nyaring.
3.3      Membaca indah geguritan dan tembang Durma.
3.4       Membaca kalimat berhuruf Jawa.
4.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis kalimat berhuruf Jawa.
4.1       Menulis pengalaman pribadi menggunakan ragam ngoko dan krama.
4.2      Menulis poster atau iklan.
4.3      Menulis kalimat berhuruf Jawa.

2.       Kelas VII (Tujuh), Semester 2 (Dua)

NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
1.1    Mendengarkan percakapan dalam berbagai kegiatan di lingkungan sekolah dan di rumah atau masyarakat tentang tempat umum.
1.2    Mendengarkan berita yang disiarkan melalui radio, televisi, atau media lain.
2.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan melalui bercerita dan berdialog dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh.
2.1    Bercerita tentang tema tertentu menggunakan ragam ngoko, krama, atau dialek.
2.2    Berdialog dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai.
3.
MEMBACA
Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
3.1    Membaca pemahaman bacaan sastra (cerita kethoprak) atau bacaan nonsastra dengan tema tertentu.
3.2   Membaca indah tembang macapat Megatruh.
3.3   Membaca paragraf sederhana berhuruf Jawa.
4.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf sederhana berhuruf Jawa.
4.1    Menulis karangan.
4.2    Menulis dialog sesuai unggah-ungguh.
4.3    Menulis paragraf sederhana berhuruf Jawa.

3.      Kelas VIII (Delapan), Semester 1 (Satu)

NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
1.1  Mendengarkan legenda.
1.2  Mendengarkan iklan.
2.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan melalui bercerita dan berdialog dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh.
2.1   Bercerita tentang pengalaman pribadi, misalnya berkemah, bertamasya, perpisahan kelas atau pengalaman lain yang menarik atau lucu.
2.2    Melakukan percakapan dengan orang yang lebih tua, misalnya menanyakan atau menyampaikan pesan atau undangan secara lisan.
3.
MEMBACA
Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
3.1  Membaca pemahaman bacaan sastra (cerita lanjutan wayang Ramayana) atau bacaan nonsastra dengan tema tertentu.
3.2   Membaca indah geguritan dan tembang Asmarandana.
3.3    Membaca paragraf berhuruf Jawa yang terdiri atas 5-7 kalimat.
4.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf Jawa.
4.1    Menulis mengenai keterampilan hidup.
4.2   Menulis laporan kunjungan ke suatu tempat.
4.3   Menulis paragraf berhuruf Jawa yang terdiri atas 5-7 kalimat.





4.      Kelas VIII (Delapan), Semester 2 (Dua)

NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
1.1  Mendengarkan berita yang disiarkan melalui media elektronik.
2.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan melalui bercerita dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh.
2.1  Berpidato.
2.2  Bercerita tentang pengalaman yang berkesan.
3.
MEMBACA
Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
3.1   Membaca nyaring teks nonsastra.
3.2   Membaca indah  cerkak dan tembang sinom.
3.3    Membaca dua paragraf berhuruf Jawa.
4.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf Jawa.
4.1    Menulis surat undangan.
4.2    Menulis dua paragraf berhuruf Jawa.

5.      Kelas IX (Sembilan), Semester 1 (Satu)

NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
1.1  Mendengarkan sandiwara.
2.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan melalui bercerita dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh.
2.1  Berdialog dengan warga masyarakat.
2.2  Bercerita tentang adat-istiadat.
3.
MEMBACA
Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
3.1    Membaca nyaring cerita wayang Ramayana.
3.2     Membaca indah  tembang Dhandhanggula.
3.3     Membaca paragraf berhuruf Jawa yang menerapkan angka Jawa.
4.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf Jawa.
4.1     Menulis susastra sederhana, misalnya geguritan atau cerita rakyat.
4.2     Menulis paragraf berhuruf Jawa dengan menerapkan angka Jawa.

6.      Kelas IX (Sembilan), Semester 2 (Dua)

NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
1.1  Mendengarkan pidato.
2.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan melalui bercerita dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh.
2.1   Bercerita tentang pariwisata aktual.
2.2   Berpidato.
3.
MEMBACA
Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
3.1  Membaca pemahaman teks upacara adat.
3.2  Membaca paragraf berhuruf Jawa yang menerapkan aksara rekan.
4.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf Jawa.
4.3    Menulis teks pidato.
4.4     Menulis paragraf berhuruf Jawa dengan menerapkan aksara rekan.


C.           Kegiatan Pengembangan diri

Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh tenaga pendidik. Pengembangan diri bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik yang disesuaikan dengan kondisi madrasah.
Kegiatan Ekstra Kurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di madrasah.


Fungsi Kegiatan Ekstra Kurikuler
a.  Pengembangan, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas peserta didik sesuai dengan potensi, bakat dan minat mereka.
b.  Sosial, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik.
c.  Rekreatif, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan suasana rileks, mengembirakan dan menyenangkan bagi peserta didik yang menunjang proses perkembangan.
d.  Persiapan karir, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik.

Prinsip Kegiatan Ekstra Kurikuler
a.  Individual, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat peserta didik masing-masing.
b.  Pilihan, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan keinginan dan diikuti secara sukarela peserta didik.
c.  Keterlibatan aktif, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang menuntut keikutsertaan peserta didik secara penuh.
d.  Menyenangkan, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler dalam suasana yang disukai dan mengembirakan peserta didik.
e.  Etos kerja, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang membangun semangat peserta didik untuk bekerja dengan baik dan berhasil.
f.  Kemanfaatan sosial, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat.

Kegiatan pengembangan diri di MTsN 1 Trenggalek terwujud dalam bentuk kegiatan sebagaimana berikut:
a.    Pembentukan karakter peserta didik
Pembentukan karakter peserta didik dilaksanakan melalui kegiatan pembiasaan dan keteladanan. Di MTsN 1 Trenggalek dibiasakan untuk mengawali dan memulai kegiatan pembelajaran dengan doa. Setiap 15 menit pertama di pagi hari, seluruh siswa membaca Al-Qur’an dan melaksanakan shalat Dhuha secara berjamaah. Shalat Dhuhur dilaksanakan secara bergelombang (karena jumlah rombel yang banyak, ada 36 rombel) dan di setiap hari Jum’at secara bergiliran para siswa diwajibkan mengikuti shalat Jum’at di madrasah.
b.    Pengembangan potensi dan aktualisasi diri
Pengembangan potensi dan aktualisasi diri di MTsN 1 Trenggalek terwujud melalui ekstrakurikuler pramuka, seni tilawatil Qur’an, seni hadrah, tahfidz, seni music/keroncong, olah raga, pencak silat, kewirausahaan, Penalifokra (Persatuan Jurnalistik, Fotografi, KIR dan Literasi), Palang Merah Remaja (PMR), Pecinta Alam, dan Paduan Suara.

3.        DATA MTsN  1 TRENGGALEK

MTsN 1 Trenggalek sebagai lembaga pendidikan umum yang berciri khusus Islam memiliki rasa tanggung jawab besar terhadap kaderisasi bangsa dalam menghadapi era globalisasi, reformasi, dan Otonomi Daerah.
MTsN 1 Trenggalek terletak di wilayah Kecamatan Trenggalek tepatnya di desa Karangsoko Kecamatan/Kabupaten Trenggalek, bukan hanya menampung calon siswa dari Kecamatan Trenggalek saja, tetapi sekarang sudah menampung calon siswa dari seluruh kecamatan di Kabupaten Trenggalek
Tahun Pelajaran 2018/2019 jumlah siswa 1231 anak. Output MTsN 1 Trenggalek mampu memperoleh prestasi yang sangat baik dengan memperoleh danem tertinggi 38,9. Dengan prestasi yang diraih siswa dibidang akademik dan non akademik membuat MTsN 1 Trenggalek menjadi pilihan pertama di masyarakat dan diharapkan mampu menjadi Madrasah yang favorit di Trenggalek.
Latar belakang ekonomi orang tua siswa sangat heterogen ada petani, buruh, pedagang, TNI, Polri, dan PNS diberbagai instansi. Sarana prasarana yang dimiliki MTsN 1 Trenggalek sampai saat ini antara lain :
- RKB                                                    =  36 ruang
- Perpustakaan                                       =  1 ruang
- Laboratorium IPA                               =  1 ruang
- laboratorium Bahasa                           =  2 ruang
- Laboratorium Komputer                     =  6 ruang
- Ruang Perkantoran                              =  1 Unit
- Gedung Aula                                       =  1 unit
- Masjid                                                  =  1 unit
- MCK Siswa                                         =  16 Unit
- MCK Guru                                          =  6 Unit
- Rumah Penjaga                                   =  1 Unit
- Gedung / Asrama                                 =  1 Unit 8 Ruang
- GOR                                                    = 1 buah
Pendidik dan Tenaga Kependidikan sudah cukup memadai dan sudah sesuai dengan latar belakang pendidikan/ijazahnya.


3.1.        Sejarah singkat Berdirinya Madrasah

MTsN 1 Trenggalek dirintis pertama kali oleh :
1. Bapak Moh. Sungeb             :   Kepala Pengairan Kabupaten Trenggalek
2. Bapak KH. Nawawi              :  Kesra Kelutan Kab. Trenggalek
3. Bapak Sakiyo                        :  Perangkat Desa Ngantru Kec Trenggalek
4. Bapak Dahlan                       :  Pegawai Penerangan Kab. Trenggalek
5. Bapak H. Basiron                  :  Pegawai KUA Kab. Trenggalek
                
           Didirikan pada tahun 1966 dengan status Negeri dengan nama Pendidikan Guru Agama Negeri 4 Tahun (PGAN 4 Tahun). Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 23 tahun 1966
           Tahun 1980 pembentukan Madrasah Induk Madrasah Tsanawiyah Negeri, sesuai Surat Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan  Agama Islam, Nomor Kep./E.11/73/1980. Dari MTs Filial menjadi MTsN Induk.
           Selanjutnya sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Kantor Departemen Agama Propinsi Jawa Timur  Nomor : Wm/I.b/2153/SK/1982. Tanggal 1 April 1998 ditunjuk sebagai MTsN Model/ Percontohan/Unggulan.
   Adapun Tahapan Pengembangan MTsN 1 Trenggalek dapat dilihat pada tabel berikut :
Tahap Perkembangan
No
Tahun
Nama Madrasah
Nama Kepala

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10

1966 - 1971
1971 - 1977
1977 - 1980
1980 - 1991
1992 - 1999
1999 - 2000
2000 -  2006
2006 - 2012
2012 - 2017
2017 - sekarang

PGAN 4 Th
PGAN 4 Th
MTs.N Induk
MTs.N Induk
MTs.N Model
MTs.N Model
MTs.N Model
MTsN Model
MTsN 1 Trenggalek / Model
MTs Negeri 1 Trenggalek

Bpk. Choirul Anam
Bpk. Mardi Siswoyo
Bpk. Drs. Mujiono
Bpk. Drs. Masrun, SH.
Bpk. H. Mukadji, S.Ag
Bpk. Drs. H. Abdul Manan
Bpk. Drs. H. Imam Daroni, MM
Bpk. Drs. Setyono Adji
Bpk. Drs. Nasib Subandi
Bpk. Drs. H. Agung Wiyoto, M.M.Pd.

o    Lokasi dan Lingkungan
Nomor Statistik Sekolah      :  21.1.35.03.11.001
Nomor Kode Satker             :  31. 05.25 - 01.13.683
Nama Madrasah                   :  MTsN 1 Trenggalek
Alamat                                  :  Barat TMP Karangsoko Trenggalek
                                                        Telp. (0355) 791562 Fax 791562
                                                        Kode Pos 66314

o    Status Dan Luas Tanah
Status tanah                  :  Hak milik sendiri (Sertifikat) No. DA/28/SK/Hp. 80
                                                                                               No.  60/5.30.B/35/89
Luas Tanah seluruhnya :  14.310 M²  belum sertifikat 1400 M²
Luas Bangunan             :   6616 M²
Luas Lap. Olahraga      :  2.147 M²
Luas Halaman              :  2.600 M²
Luas Halaman Kebun  :  1.210 M²
Luas lainnya             :  804 M²

o    Jenis dan Jumlah Bangunan Gedung
No.
Tahun Anggaran
Jumlah
Keterangan

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.

1981 - 1982
1982 - 1983
1986 - 1987
1994 - 1995
1995 - 1996
1996 - 1997
1997 - 1998

3 Lokal Kelas
3 Lokal Kelas
3 Lokal Kelas
2 Lokal Kelas
3 Lokal Kelas
6 Lokal kelas
8 ruang asrama
2 Lokal kelas pelatihan

APBN
APBN
APBN
BP.3
OECF
APBN
ADB


8.
9.
10
11

1998 - 1999
1999 – 2000
2000 – 2014
2014- sekarang

Ruang Aula lantai 2
PSBB (Lab Bhs/IPA/Perpus)
20 Lokal Kelas
7 ruang LAB Komputer

BEP
BEP
APBN/BP3
APBN/BP3

o  Jumlah Guru / Karyawan
Jumlah Guru
:
GT
:
63


:
GTT
:
10

Jumlah Pegawai
:
PT
:
4


:
PTT
:
14

Jumlah Ruang Kelas

:
   36
Jumlah Siswa

:
1203

  Identitas Kepala Madrasah
Nama Kepala Madrasah
:
Drs. H. Agung Wiyoto, M.M.Pd.
NIP
:
196309271988031010
Tempat Tanggal Lahir
:
Trenggalek, 27 September 1963
Pangkat/Gol. Ruang
:
Pembina Utama Muda (IV/c)
Latar Belakang Pendidikan
:
SD
:
Th. 1975
SMP
:
Th. 1979
SMA
:
Th. 1982
D3
:
Th. 1986
S 1
:
Th. 1990
S 2
:
Th. 2010









o   Jumlah Siswa Tahun Pelajaran 2019/2020

No.
Siswa
Kelas VII
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX


1.
Laki – Laki
Laki-Laki
138
151
157
446

2.
Perempuan
Perempuan
246
246
265
757

Jumlah
384
397
422
1203

o   Pekerjaan dan Latar Belakang Orang Tua Siswa

No.
Jenis Pekerjaan
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Total
%

1.
Pegawai Negeri
53
69
64
186
15,46

2.
Pedagang
39
43
31
113
9,39

3.
Wiraswasta
208
176
222
606
50,37

4.
Tani
43
69
59
171
14,21

5.
TNI
7
7
9
23
1,91

6.
POLRI
13
5
8
26
2,16

7.
Dokter
2
2
2
6
0,50

8.
Dosen
2
1
1
4
0,33

9.
Nelayan
2
1
4
7
0,58

10.
Perangkat Desa
6
8
11
25
2,08

11.
Tidak Bekerja / Meninggal Dunia
9
16
11
36
2,99


Jumlah
384
397
422
1203
100











TABEL DATA MTsN 1 TRENGGALEK
1. Identitas Sekolah




1
Nama Sekolah
MTsN 1 TRENGGALEK
2
NPSN
20584938
3
Jenjang Pendidikan
SMP/MTs
4
Status Sekolah
Negeri
Alamat Sekolah
Barat TMP Karangsoko Trenggalek
Telp. (0355) 791562 Fax 791562
Kode Pos
66314
Desa
Karangsoko
Kecamatan
Trenggalek
Kabupaten/Kota
Trenggalek
Provinsi
Jawa Timur
Negara
Indonesia                    
5
Posisi Geografis
Lintang: -8077623
Bujur   : + 111705007



2. Data Pelengkap




6
SK Pendirian Sekolah
SK Menteri Agama No 23 Tahun 1966
7
Tanggal SK Pendirian
-
8
Status Kepemilikan
Kementerian Agama RI
9
SK Izin Operasional
Kd.13.01/4/PP.00/278/SK/2010
10
Tgl SK Izin Operasional
1 Juli 2015 (proses perpanjangan)
11
Kebutuhan Khusus Dilayani
-
12
Nomor Rekening
0322420634
13
Nama Bank
BNI
14
Cabang KCP/Unit
BNI Cabang Trenggalek
15
Rekening Atas Nama
BPg. 034 MTsN 1 Trenggalek
16
MBS
-
17
Luas Tanah Milik (m2)
No. DA/28/SK/Hp. 80
No.  60/5.30.B/35/89
18
Luas Tanah Bukan Milik (m2)
-
19
Nama Wajib Pajak
BEND RUTIN MTsN 1 Trenggalek
20
NPWP
00.006.676.1.629.000
3. Kontak Sekolah




21
Nomor Telepon
0355-791562
22
Nomor Fax
0355-791562
23
Email
mtsntrenggalek@yahoo.co.id
24
Website
http://www.mtsn1trenggalek.sch.id
4. Data Periodik




25
Waktu Penyelenggaraan
Pagi
26
Bersedia Menerima Bos?
Ya
27
Sertifikasi ISO
Belum Bersertifikat
28
Sumber Listrik
PLN
29
Daya Listrik (watt)
30.900 Watt
30
Akses Internet
Telkom Indihome
31
Akses Internet Alternatif
Paket data operator seluler
32
Kurikulum
Kelas VII   K 13

Kelas VIII  K 13

Kelas IX     K13
5. Sanitasi




33
Kecukupan Air
Cukup
34
Sekolah Memproses Air
Tidak

Sendiri
34
Air Minum Untuk Siswa
Tidak Disediakan
35
Mayoritas Siswa Membawa
Ya

Air Minum
36
Jumlah Toilet Berkebutuhan
-

Khusus
37
Sumber Air Sanitasi
Tandon, PDAM
38
Ketersediaan Air di
Tandon, PDAM

Lingkungan Sekolah
39
Tipe Jamban
Leher angsa
40
Jumlah Tempat Cuci
22

Tangan
41
Apakah Sabun dan Air
Ya

Mengalir pada Tempat Cuci

Tangan
42
Jumlah Jamban Dapat
Laki-laki
Perempuan
Bersama

Digunakan
14
14
2
43
Jumlah Jamban Tidak Dapat
Laki-laki
Perempuan
Bersama

Digunakan
0
0
0


3.2.       Perpustakaan
Untuk menunjang kegiatan pembelajaran, MTsN 1 Trenggalek terus melakukan pembenahan untuk ruang perpustakaan yang dimiliki. Saat ini, koleksi buku perpustakaan lebih dari 5600 judul, yang meliputi koleksi buku referensi dan buku mata pelajaran. Selain itu perpustakaan ini juga dilengkapi dengan tiga buah unit komputer yang terhubung dengan internet.








No comments:

Post a Comment