PROFIL
   MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK
 


 
PROFIL MADRASAH




A.           Identitas Madrasah    
Nama Madrasah                      :  Madrasah IbtidaiyahNegeri 1 Trenggalek
Status                                      :  Terakreditasi “ A “
NSM                                       :  111135030001
NPSN                                     :  60714434
Tahun berdiri                          :  1962
Tahun Penegerian                   :  1980
Waktubelajar                           :  Pagi hari
Alamat                                  
Jalan                                        :  Dusun Sumber RT 38/RW 08
Desa                                        : Prigi
Kecamatan                              :  Watulimo
Kabupaten                              :  Trenggalek
Propinsi                                   :  JawaTimur
KodePos                                 :  66382
Telpon                                     :  (0355) 551279
Email                                       :  minmodel.prigi@yahoo.com
Letak Geografis                     :    Latitude         :           -8.263145       
                                                    Longitude      :           111.718629



B.       Visi, Misi dan Tujuan MIN 1 Trenggalek
·      VISI
”TERWUJUDNYA MADRASAH YANG ISLAMI, UNGGUL DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

·      MISI
1.    STANDAR ISI
Menyusun kurikulum madrasah yang sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan dan berbudaya lingkungan, yakni melestarikan fungsi lingkungan, mencegah kerusakan lingkungan dan mencegah pencemaran lingkungan hidup manusia.

2.    STANDAR PROSES
a.    Melaksanakan proses pembelajaran aktif, inovatif, kreatif,  efektif, dan menyenangkan (PAIKEM)  yang  berkarakter  peduli  dan  berbudaya lingkungan.
b.    Melaksanakan pembiasaan akhlak mulia(beperilaku baik, jujur, tanggungjawab, kerja keras, cinta tanah air, amanah, peduli dan berbudaya lingkungan)
c.    Melaksanakan  pemantapan atau pendalaman  materi terutama untuk siswa kelas VI yang berkarakter peduli dan berbudaya lingkungan
d.    Melaksanakan pembinaan intensif terhadap siswayang  kurang mampu dalam hal  baca  dan tulis  baik  latin maupun arab yang berkarakter  peduli dan berbudaya lingkungan.
e.    Melaksanakan pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) secara integral dalam kegiatan belajar mengajar dan ekkstrakurikuler.
f.     Melaksanakan pembelajaran dan pembiasaan berkarakter peduli dan berbudayal ingkungan melalui kegiatan keteladanan, ,rutin dan spontanitas
g.    Melatih dan membina siswa yang berbakat pada bidang Akademik, Seni, Olah Raga, Keagamaan dan  Kepemimpinan  melalui kegiatan Pengembangan diri dan Ekstrakurikuler yang berkarakter, peduli dan berbudaya lingkungan.

3.    STANDAR  KOMPETENSI KELULUSAN
a.    Menetapkan    kriteria  kelulusan  yang  mengacu  pada  nilai  akhlak, keterampilan, ,pengetahuan dan budaya lingkungan.
b.    Meningkatkan  mutu hasil belajar    dengan rata di atas 8,00   sesuai harapan stake holder.
c.    Mencetak lulusan yang terampil melaksanakan sholat  5 waktu dandapat membaca AI-Qu’an dengan tartil dan berakhlakul karimah.
d.    Mencetak lulusan yang berprestasi, berkarakter,  peduli  dan berbudaya lingkungan.

4.    STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) guru dan karyawan yang amanah, professional, peduli dan berbudaya lingkungan.

5.    STANDAR SARANA DANPRASARANA
a.    Mengupayakan tersedianya buku-buku dan alat peraga yang menunjang pelaksanaan proses Pembelajaran Aktif.  Kreatif, Efektif, Menyenangkan dan lnovatif yang berkarakter, peduli dan berbudaya lingkungan.
b.    Mengupayakan  tersedianya  alat  bantu dan sumber  belajar      untuk pendidikan lingkungan hidp dan pendidikan  karakter.
c.    Mengupayakan tersedianya Sarana dan Prasarana madrasah yang berkualitas dan ramah lingkungan.
d.    Mengupayakan tersedianya  sarana pegelolaan hemat air, pengeloaan sampah,  keanekaragaman   hayati dan kantin yang memadai  sebagai tempat kegiatan Pendidikan Lingkungan Hidup.

6.    STANDART PENGELOLAAN
a.     Meningkatkan rnanajemen berbasis madrasah yang terbuka,   akuntabel dan berkarakter budaya dan peduli lingkungan.
b.     Melaksanakan  pembagian tugas lembaga   sesuai   dengan tupoksinya masing-masing.
c.     Bekerjasama dengan Komite Madrasah dan orang tua murid, demi terwujudnya hasil pendidikan  yang berkarakter dan  berbudaya lingkungan
d.     Melaksanakan  pengelolaan air, energi, sampah, keanekaragaman hayati. dan kantin sehat yang  digunakan untuk sarana pembelajaran,  sumber belajar dans umber daya PLH.

7.    STANDARPEMBIAYAAN
a.   Melakukan   efisiensi dan optimalisasi biaya sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan.
b.   Melakukan     peningkatan   kewirausahaan   demi   lancamya    kegiatanMadrasah.
c.   Menjalin kerjasama dengan stake holder dalam pengadaan sarana dan prasarana yang ramah lingkungan terkait dengan program Pendidikan Lingkungan Hidup.

8.    STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN
a.   Metaksanakan  penialain yang berdasarkan pada sikap Akhlaqul Karimah, Jujur dan Adil.
b.   Melaksanakan penilaran yang berdasarkan pada  ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik.
c.   Metaksanakan analisis hasil evaluasi belajar
d.   Melaksankan  penilaian yang berdasarkan  pada karakter lslami,   adat ketimuran, danpeduli serta berbudaya lingkungan.

·         TUJUAN
Ø  TUJUAN PENDIDIKAN DASAR
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan  dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan  lebih lanjut serta berbudaya lingkungan demi kelestarian lingkungan.
Ø  TUJUAN MIN 1 TRENGGALEK
1.    STANDAR ISI
Tersusunnya   kurikulum Madrasah yang relevan mengikuti pekembangan dunia pendidikan, berkarakter dan berbudaya lingkungan, yaitu melestarikan fungsi lingkungan, mencegah kerusakan lingkungan dan mencegah pencemaran lingkungan hidup manusia.
2.    STANDARPROSES
a.    Terlaksananya proses  pembelajaran  yang   profeslonal,  aktif,  kreatif, efektif, menyenangkandan  inovatif (PAKEMI) yang  berkarakter peduli dan berbudaya lingkungan.
b.   Terlaksananya pembiasaan beperilaku baik, jujur ,tanggung jawab, kerja keras, cinta tanah air, amanah, peduli dan berbudaya lingkungan.
c.    Terlaksananya  pemantapan atau pendalaman   materi terutama untuk siswa kelas VI yang berkarakter, peduli dan berbudaya lingkungan.
d.   Terlaksananya pembinaan intensif terhadap  siswa yang kurang mampu dalam hal  baca  dan tulis  baik  latin maupun arab yang berkarakter, peduli dan berbudaya lingkungan.
e.    Terlaksananya pembelajaran Pendidikan   Lingkungan   Hidup  (PLH) secara integral dalam kegiatan belajar mengajar dan ekstrakurikuler.
f.     Terlaksananya pembelajaran dan pembiasaan berkarakter peduli dan berbudaya tingkungan melalui kegiatan keteladan, rutin dan spontan.
g.   Terlaksananya Pembinaan/ pembelajaran terkait dengan proses Pemberantasan Sarang Nyamuk, terutama penyebab sakit Demam Berctarah Dengue (PSN-DBD).
h.   Terlatih dan terbinanya siswa  yang berbakat pada·bidang Akademik, Seni, Olah Raga, Keagamaan dan Kepemimpinan melalui kegiatan Pengembangan diri dan Ekstrakurikuler yang berkarakter, peduli dan berbudaya lingkungan.
3.    STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
a.    Ditetapkannya criteria kelulusan yang mengacu pada nilai akhlaq. pengetahuan dan budaya lingkungan.
b.   Meningkatnya  mutu hasil belajar    dengan rata di atas 8,00 sesuai harapan stake holder
c.    Tercetaknya lulusan  yang terampil melaksanakan sholat 5 waktu dan dapat membaca AI-Qur'an dengan tartil dan berakhlakul karirnah.
d.   Tercetaknya lulusan yang berkarakter, peduli dan berbudaya lingkungan.

4.    STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Meningkatnya Kompetensi  Sumber Daya Manusia (SDM) Guru dan karyawan yang amanah dan profesional  dalam Proses  Belajar  Mengajar dan pekerjaan yang berkarakter, peduli dan berbudaya lingkungan.



5.    STANDAR SARANADANPRASARANA.
a.     Tersedianya buku-buku  dan alat peraga yang menunjang pelaksanaan proses  Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan  dan  lnovatif yang berkarakter, peduli dan berbudaya lingkungan.
b.    Tersedianya alat bantu dan sumber belajar untuk pendidikan lingkungan hidup, pendidikan karakter.
c.     Tersedianya  Sarana dan Prasarana madrasah yang berkualitas dan ramah lingkungan.
d.    Tersedianya sarana pegelolaan hemat air, pengeloaan sampah, keanekaragaman hayati  dan kantin yang  memadai  sebagai  tempat kegiatan Pendidikan Lingkungan Hidup
6.    STANDARPENGELOLAAN
a.    Meningkatnya  manajemen berbasis madrasah yang terbuka akuntabel dan berkarakter budaya dan peduli lingkungan.
b.   Terlaksananya pembagian tugas lembaga   sesuai dengan tupoksinya masing-masing.
c.    Terwujudnya  kerjasama dengan Komite Madrasah dan orang tua murid, demi terwujudnya hasil pendidikan yang berkarakterber budaya lingkungan.
d.   Terlaksananya   pengelolaan   air, energi, sampah, keanekaragaman  hayati, dan kantin sehat yang digunakan untuk sarana pembelajaran, sumber belajar dans umber dana PLH.
7.    STANDARPEMBIAYAAN
a.    Terwujudnya efisiensi dan optimalisasi biayasesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan.
b.   Terwujudnya   peningkatan  kewirausahaan  demi  lancamya   kegiatan Madrasah.
c.    Terjalinnya kerja sama dengan stake holder dalam pengadaan sarana  dan prasarana   yang   ramah  lingkungan   terkait   dengan   program Pendidikan Lingkungan Hidup.
8.    STANDARPENILAIAN PENDIDIKAN
a.     Terlaksananya penilaian yang berdasarkan padasikap Akhlaqul Karimah, Jujur dan Adil.
b.    Terlaksananya penilaian  yang berdasarkan pada ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik.
c.     Terlaksananya analisis hasil evaluasi belajar.
d.    Terlaksananya penilaian yang berdasarkan pada karakter Islami, adat ketimuran, dan peduli serta berbudaya lingkungan.


C.      SEJARAH BERDIRINYA MADRASAH
Madrasah ini berdiri pada tanggal 1 Agustus 1962 dengan nama MWB (Madrasah Wajib Belajar ) yang didirikan oleh masyarakat dusun Sumber Desa Prigi kecamatan Watulimo.
Pada tahun 1974 atas prakarsa Bapak Kepala Desa Prigi yang menyediakan tanah desa seluas 1750 M2 mampu membangun 6 ruang kelas dan 1 ruang guru  atau kantor dengan fisik gedung dilokasi ini menghadap ke utara. Madrasah berganti nama  GUPPI (Madrasah Ibtidaiyah GUPPI) Prigi penjelmaan  dari MI Prigi  I,dengan Kepala Madrasah  Bapak Tarmidi.
Pada tahun 1980 setelah memiliki gedung  sekolah dari jumlah guru yang memadai, Madrasah mendapat perhatian penuh dari pihak pemerintah yang akhirnya  dinegrikan dengan surat keputusan  MA.NO. 17/th.1980 rekolasi dari MI Negeri Ngronggot Nganjuk.
Selanjutnya keadaan siswa semakin mantap dan stabil dengan memanfaatkan gedung yang baru lengkap serta fasilitasnya.Dengan demikian perkembangan makin hari makin ada Kepercayaan masyarakat dan mengerti serta simpati terhadap pentingnya pendidikan.
Dalam perkembangan sejarah MIN Prigi kec. Watulimo Kab. Trenggalek bahwa pada tanggal 20 Pebruari 1992 diadakan lagi serah terima jabatan dari Drs. Achmad Baderi kepada Sdr. Ruba’i,S.Ag berlangsung di Aula kantor Departemen Agama Kab. Trenggalek. Berikutnya berlangsung pula pelaksanaan kenal pisah kepala MIN yang lama dan yang baru pada hari Rabu tanggal 26 Pebruari 1992 .
Akhirnya pada tahun 1999 MIN Prigi Watulimo Trenggalek  mendapat bantuan gedung lengkap dengan peralatannya dari ( BEP ) Basic Education Project. Sekaligus Madrasah tersebut disiapkan menjadi Madrasah percontohan ( Madarasah Model ) sesuai SK Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor : E/242A/99.
Selanjutnya berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 673 Tahun 2016 tentang perubahan nama madrasah menjadi MIN 1 Trenggalek.


 
F.     DATA GURU DAN PEGAWAI

No
Nama
Pendidikan
Jabatan
1
Ahzan Winarto, S.Pd
S1
Kepala Madrasah
2
Rois, S.Pd
S1
Guru Kelas
3
Zaidun, M.SI
S2
Guru Kelas
4
Dewi Umi Kulsum, S.Ag
S1
Guru Kelas
5
St. Fatimah, S.Pd
S1
Guru Kelas
6
Habib Hidayati, S.Pd
S1
Guru Kelas
7
Sunarwati Zainab, S.Ag
S1
Guru Kelas
8
Roup Purwanto, S.Pd
S1
Guru Kelas
9
Nanik Widowati, S.Pd.I
S1
Guru Kelas
10
Binti Salbiyah, S.Pd.I
S1
Guru Kelas
11
Pujiman, S.Pd.I
S1
Guru Mapel Agama
12
Maulan, S. Ag
S1
Guru Kelas
13
Muslim, S.Ag
S1
Guru Kelas
14
Rohmad Basuki, S.Pd.I
S1
Guru Kelas
15
M. Ali Wakhyudin, S.Pd.I
S1
Guru Kelas
16
Lianawati, S.Pd.I
S1
Guru Kelas
17
Imam Muhroji, S.Pd.I
S1
Guru Kelas
18
Moh. Yasin, M.Pd.I
S2
Guru Kelas
19
Rifa’i, M.Pd.I
S2
Guru Kelas
20
Heti Marini, S.Pd.I
S1
Guru Kelas
21
Ali Mahfud, S.Pd
S1
Guru Penjaskes
22
Sanuasi, S.Pd.I
S1
Guru Kelas
23
Sulastri, S.Pd.I
S1
Guru Kelas
24
Nunik Muningsih, S.Pd.I
S1
Guru Kelas
25
M. Ali Ashari Makmun, S.Pd.I
S1
Guru Mapel Agama
26
Saiful Bahri, S.Pd
S1
Guru Penjaskes
27
Muhammad Kozin, S.Pd.I
S1
Guru Matematika
28
Sahrul Inayah S.Pd
S1
Guru Matematika
29
Mar’atul Mutmainah, S.Pd.I
S1
Guru Mapel Agama
30
RafikaSilviantya Dinutari, S.Pd
S1
Guru Mapel Agama
31
Aminah
SLTA
Pegawai
32
Suparni, S.Pd.I
S1
Pegawai
33
Fathul Munir, S.Pd.I
S1
Operator
34
Wahyudi
SLTA
Satpam
35
Hanuji
SLTA
Tenaga Kebersihan

G.    KEGIATAN INTRA DAN EKSTRA KURIKULER
       1. Kegiatan Intrakurikuler
§   Struktur Kurikulum Menggunakan Kurikulum  2013
§   Mapel Agama seluruh kelas menggunakan  Struktur Kurikulum K-13  sesuai KMA No 165 Tahun 2014
       2. Kegiatan Ekstrakurikuler
§   Drumband
§   Pramuka
§   MTQ
§   Olahraga(Tenis Meja,Volly dan Bulu Tangkis)
§   Hadrah
§   Tari
§   Pembinaan Mapel KSM dan Olimpiade
§   Pembinaan Mapel Ujian Nasional

H.    PRESTASI-PRESTASI MADRASAH
Prestasi yang pernah diraih oleh Madrasah Ibtidayah Negeri 1 Trenggalek, diantaranya:
§  Juara 1 Lomba Prestasi Madrasah tingkat MI se Kabupaten
§  Juara 1 lomba Kebersihan Madrasah Tingkat MI se Kabupaten
§  Juara 1 Lomba UKS Tingkat Kabupaten
§  Ditetapkan sebagai sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten








FOTO-FOTO 





 





























                                                                                                                       



No comments:

Post a Comment