|
PROFIL MADRASAH
A.
Identitas
Madrasah
Nama Madrasah : Madrasah
IbtidaiyahNegeri 1 Trenggalek
Status : Terakreditasi “ A “
NSM : 111135030001
NPSN : 60714434
Tahun berdiri : 1962
Tahun Penegerian : 1980
Waktubelajar : Pagi
hari
Alamat
Jalan : Dusun Sumber RT 38/RW 08
Desa :
Prigi
Kecamatan : Watulimo
Kabupaten : Trenggalek
Propinsi : JawaTimur
KodePos : 66382
Telpon : (0355) 551279
Letak
Geografis : Latitude :
-8.263145
Longitude
: 111.718629
B. Visi,
Misi dan Tujuan MIN
1 Trenggalek
·
VISI
”TERWUJUDNYA MADRASAH YANG ISLAMI, UNGGUL DAN BERBUDAYA
LINGKUNGAN”
·
MISI
1.
STANDAR ISI
Menyusun
kurikulum madrasah yang sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan dan berbudaya
lingkungan, yakni melestarikan fungsi lingkungan, mencegah kerusakan lingkungan
dan mencegah pencemaran lingkungan hidup manusia.
2.
STANDAR
PROSES
a.
Melaksanakan
proses pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan (PAIKEM) yang berkarakter
peduli dan berbudaya lingkungan.
b.
Melaksanakan
pembiasaan akhlak mulia(beperilaku baik, jujur, tanggungjawab, kerja keras, cinta tanah air, amanah, peduli dan
berbudaya lingkungan)
c.
Melaksanakan pemantapan atau pendalaman materi terutama untuk siswa kelas VI yang
berkarakter peduli dan berbudaya lingkungan
d.
Melaksanakan
pembinaan intensif terhadap siswayang
kurang mampu dalam hal baca dan tulis
baik latin maupun arab yang
berkarakter peduli dan berbudaya lingkungan.
e.
Melaksanakan
pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) secara integral dalam kegiatan belajar mengajar dan ekkstrakurikuler.
f.
Melaksanakan
pembelajaran dan pembiasaan berkarakter peduli dan berbudayal ingkungan melalui
kegiatan keteladanan, ,rutin dan spontanitas
g.
Melatih dan membina siswa
yang berbakat pada bidang Akademik, Seni, Olah Raga, Keagamaan dan Kepemimpinan melalui kegiatan Pengembangan diri dan Ekstrakurikuler yang berkarakter, peduli
dan berbudaya lingkungan.

3. STANDAR KOMPETENSI
KELULUSAN
a. Menetapkan
kriteria kelulusan yang
mengacu pada nilai akhlak, keterampilan, ,pengetahuan dan budaya lingkungan.
b. Meningkatkan
mutu hasil belajar dengan
rata di atas 8,00 sesuai harapan stake holder.
c. Mencetak lulusan
yang terampil melaksanakan sholat 5 waktu dandapat membaca AI-Qu’an dengan tartil dan berakhlakul karimah.
d. Mencetak lulusan
yang berprestasi, berkarakter, peduli dan berbudaya lingkungan.
4. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia
(SDM) guru dan karyawan yang amanah, professional, peduli dan berbudaya lingkungan.
5. STANDAR SARANA
DANPRASARANA
a. Mengupayakan tersedianya buku-buku dan alat peraga yang menunjang pelaksanaan proses Pembelajaran
Aktif. Kreatif,
Efektif, Menyenangkan dan
lnovatif yang berkarakter, peduli dan berbudaya lingkungan.
b. Mengupayakan
tersedianya alat bantu
dan sumber belajar untuk pendidikan lingkungan hidp dan pendidikan karakter.
c. Mengupayakan tersedianya Sarana dan Prasarana madrasah yang berkualitas dan ramah lingkungan.
d. Mengupayakan tersedianya sarana pegelolaan hemat air, pengeloaan
sampah, keanekaragaman hayati dan kantin yang memadai sebagai tempat kegiatan Pendidikan Lingkungan Hidup.
6. STANDART PENGELOLAAN
a.
Meningkatkan rnanajemen berbasis madrasah yang terbuka, akuntabel dan
berkarakter budaya dan peduli lingkungan.
b.
Melaksanakan
pembagian tugas
lembaga sesuai dengan tupoksinya masing-masing.
c.
Bekerjasama dengan Komite Madrasah dan orang tua murid, demi terwujudnya
hasil pendidikan yang berkarakter
dan berbudaya lingkungan
d.
Melaksanakan pengelolaan air, energi,
sampah,
keanekaragaman hayati. dan
kantin sehat yang digunakan untuk sarana
pembelajaran, sumber belajar dans umber
daya PLH.
7. STANDARPEMBIAYAAN
a.
Melakukan efisiensi dan optimalisasi biaya sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan.
b.
Melakukan peningkatan
kewirausahaan demi lancamya kegiatanMadrasah.
c.
Menjalin kerjasama
dengan stake holder dalam pengadaan sarana dan prasarana yang ramah lingkungan
terkait dengan program Pendidikan Lingkungan Hidup.
8. STANDAR PENILAIAN
PENDIDIKAN
a.
Metaksanakan penialain yang
berdasarkan pada sikap Akhlaqul Karimah,
Jujur dan Adil.
b.
Melaksanakan penilaran
yang berdasarkan pada ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik.
c.
Metaksanakan
analisis hasil evaluasi belajar
d.
Melaksankan penilaian yang berdasarkan pada karakter lslami, adat ketimuran, danpeduli
serta berbudaya lingkungan.
·
TUJUAN
Ø TUJUAN PENDIDIKAN DASAR
Tujuan pendidikan
dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan
mengikuti pendidikan lebih lanjut serta berbudaya lingkungan
demi kelestarian lingkungan.
Ø TUJUAN MIN 1 TRENGGALEK
1.
STANDAR ISI
Tersusunnya kurikulum Madrasah yang relevan mengikuti pekembangan dunia pendidikan, berkarakter dan berbudaya lingkungan, yaitu melestarikan fungsi lingkungan, mencegah
kerusakan lingkungan dan mencegah pencemaran lingkungan hidup manusia.
2.
STANDARPROSES
a. Terlaksananya proses pembelajaran
yang profeslonal, aktif, kreatif, efektif,
menyenangkandan inovatif (PAKEMI)
yang berkarakter peduli dan berbudaya lingkungan.
b. Terlaksananya pembiasaan beperilaku baik, jujur ,tanggung
jawab,
kerja keras, cinta tanah air, amanah, peduli
dan berbudaya lingkungan.
c. Terlaksananya
pemantapan atau pendalaman
materi terutama untuk siswa kelas VI yang berkarakter, peduli dan
berbudaya lingkungan.
d. Terlaksananya pembinaan intensif terhadap siswa yang kurang mampu dalam hal baca
dan tulis baik latin maupun arab yang berkarakter, peduli
dan berbudaya lingkungan.
e. Terlaksananya pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup
(PLH) secara integral dalam kegiatan belajar mengajar dan
ekstrakurikuler.
f. Terlaksananya pembelajaran dan pembiasaan
berkarakter peduli dan berbudaya tingkungan melalui kegiatan keteladan, rutin dan spontan.
g. Terlaksananya Pembinaan/ pembelajaran terkait dengan proses Pemberantasan Sarang
Nyamuk, terutama penyebab sakit Demam Berctarah Dengue (PSN-DBD).
h. Terlatih dan terbinanya siswa yang berbakat pada·bidang Akademik, Seni,
Olah Raga, Keagamaan dan Kepemimpinan melalui kegiatan Pengembangan diri dan
Ekstrakurikuler yang berkarakter, peduli dan
berbudaya lingkungan.
3.
STANDAR
KOMPETENSI KELULUSAN
a.
Ditetapkannya
criteria kelulusan yang mengacu pada nilai akhlaq. pengetahuan dan budaya lingkungan.
b.
Meningkatnya mutu hasil belajar dengan rata di atas 8,00
sesuai harapan stake holder
c.
Tercetaknya
lulusan yang terampil melaksanakan
sholat 5
waktu dan dapat membaca AI-Qur'an dengan tartil
dan berakhlakul karirnah.
d.
Tercetaknya
lulusan yang berkarakter, peduli dan berbudaya lingkungan.
4.
STANDAR
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Meningkatnya Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Guru dan karyawan
yang amanah dan profesional dalam
Proses Belajar Mengajar dan pekerjaan yang berkarakter,
peduli dan berbudaya lingkungan.
5.
STANDAR
SARANADANPRASARANA.
a.
Tersedianya buku-buku dan alat peraga yang menunjang pelaksanaan
proses Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan
dan lnovatif yang berkarakter,
peduli dan berbudaya lingkungan.
b.
Tersedianya
alat bantu dan sumber belajar untuk pendidikan lingkungan hidup, pendidikan
karakter.
c.
Tersedianya Sarana dan Prasarana madrasah yang
berkualitas dan ramah lingkungan.
d.
Tersedianya
sarana pegelolaan hemat air, pengeloaan sampah, keanekaragaman hayati dan kantin yang memadai
sebagai tempat kegiatan
Pendidikan Lingkungan Hidup
6.
STANDARPENGELOLAAN
a.
Meningkatnya manajemen berbasis madrasah yang terbuka akuntabel dan berkarakter budaya dan
peduli lingkungan.
b.
Terlaksananya
pembagian tugas lembaga sesuai dengan
tupoksinya masing-masing.
c.
Terwujudnya kerjasama dengan Komite Madrasah dan orang
tua murid, demi terwujudnya hasil pendidikan yang berkarakterber budaya
lingkungan.
d.
Terlaksananya pengelolaan
air, energi, sampah, keanekaragaman hayati, dan kantin sehat yang digunakan untuk
sarana pembelajaran, sumber
belajar dans umber dana PLH.
7.
STANDARPEMBIAYAAN
a.
Terwujudnya
efisiensi dan optimalisasi biayasesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan.
b.
Terwujudnya peningkatan
kewirausahaan demi lancamya
kegiatan Madrasah.
c.
Terjalinnya kerja sama dengan stake holder dalam
pengadaan sarana dan prasarana yang
ramah lingkungan terkait
dengan program Pendidikan
Lingkungan Hidup.
8.
STANDARPENILAIAN PENDIDIKAN
a.
Terlaksananya
penilaian yang berdasarkan padasikap Akhlaqul Karimah, Jujur dan Adil.
b.
Terlaksananya penilaian yang berdasarkan pada ranah Kognitif, Afektif
dan Psikomotorik.
c.
Terlaksananya
analisis hasil evaluasi belajar.
d.
Terlaksananya penilaian
yang berdasarkan pada karakter Islami, adat ketimuran, dan peduli serta berbudaya lingkungan.
C.
SEJARAH BERDIRINYA MADRASAH
Madrasah
ini berdiri pada tanggal 1 Agustus 1962 dengan nama MWB (Madrasah Wajib Belajar
) yang didirikan oleh masyarakat dusun Sumber Desa Prigi kecamatan Watulimo.
Pada
tahun 1974 atas prakarsa Bapak Kepala Desa Prigi yang menyediakan tanah desa
seluas 1750 M2 mampu membangun 6 ruang kelas dan 1 ruang guru atau kantor dengan fisik gedung dilokasi ini
menghadap ke utara. Madrasah berganti nama
GUPPI (Madrasah Ibtidaiyah GUPPI) Prigi penjelmaan dari MI Prigi
I,dengan Kepala Madrasah Bapak
Tarmidi.
Pada
tahun 1980 setelah memiliki gedung
sekolah dari jumlah guru yang memadai, Madrasah mendapat perhatian penuh
dari pihak pemerintah yang akhirnya
dinegrikan dengan surat keputusan
MA.NO. 17/th.1980 rekolasi dari MI Negeri Ngronggot Nganjuk.
Selanjutnya
keadaan siswa semakin mantap dan stabil dengan memanfaatkan gedung yang baru
lengkap serta fasilitasnya.Dengan demikian perkembangan makin hari makin ada
Kepercayaan masyarakat dan mengerti serta simpati terhadap pentingnya
pendidikan.
Dalam
perkembangan sejarah MIN Prigi kec. Watulimo Kab. Trenggalek bahwa pada tanggal
20 Pebruari 1992 diadakan lagi serah terima jabatan dari Drs. Achmad Baderi
kepada Sdr. Ruba’i,S.Ag berlangsung di Aula kantor Departemen Agama Kab.
Trenggalek. Berikutnya berlangsung pula pelaksanaan kenal pisah kepala MIN yang
lama dan yang baru pada hari Rabu tanggal 26 Pebruari 1992 .
Akhirnya
pada tahun 1999 MIN Prigi Watulimo Trenggalek
mendapat bantuan gedung lengkap dengan peralatannya dari ( BEP ) Basic
Education Project. Sekaligus Madrasah tersebut disiapkan menjadi Madrasah
percontohan ( Madarasah Model ) sesuai SK Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama
Islam Nomor : E/242A/99.
Selanjutnya
berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 673 Tahun 2016 tentang perubahan
nama madrasah menjadi MIN 1 Trenggalek.
F.
DATA
GURU DAN PEGAWAI
No
|
Nama
|
Pendidikan
|
Jabatan
|
1
|
Ahzan Winarto, S.Pd
|
S1
|
Kepala Madrasah
|
2
|
Rois, S.Pd
|
S1
|
Guru Kelas
|
3
|
Zaidun, M.SI
|
S2
|
Guru Kelas
|
4
|
Dewi Umi Kulsum, S.Ag
|
S1
|
Guru Kelas
|
5
|
St. Fatimah, S.Pd
|
S1
|
Guru Kelas
|
6
|
Habib Hidayati, S.Pd
|
S1
|
Guru Kelas
|
7
|
Sunarwati Zainab, S.Ag
|
S1
|
Guru Kelas
|
8
|
Roup Purwanto, S.Pd
|
S1
|
Guru Kelas
|
9
|
Nanik Widowati, S.Pd.I
|
S1
|
Guru Kelas
|
10
|
Binti Salbiyah, S.Pd.I
|
S1
|
Guru Kelas
|
11
|
Pujiman, S.Pd.I
|
S1
|
Guru Mapel Agama
|
12
|
Maulan, S. Ag
|
S1
|
Guru Kelas
|
13
|
Muslim, S.Ag
|
S1
|
Guru Kelas
|
14
|
Rohmad Basuki, S.Pd.I
|
S1
|
Guru Kelas
|
15
|
M. Ali Wakhyudin, S.Pd.I
|
S1
|
Guru Kelas
|
16
|
Lianawati, S.Pd.I
|
S1
|
Guru Kelas
|
17
|
Imam Muhroji, S.Pd.I
|
S1
|
Guru Kelas
|
18
|
Moh. Yasin, M.Pd.I
|
S2
|
Guru Kelas
|
19
|
Rifa’i,
M.Pd.I
|
S2
|
Guru
Kelas
|
20
|
Heti
Marini, S.Pd.I
|
S1
|
Guru
Kelas
|
21
|
Ali
Mahfud, S.Pd
|
S1
|
Guru Penjaskes
|
22
|
Sanuasi, S.Pd.I
|
S1
|
Guru Kelas
|
23
|
Sulastri, S.Pd.I
|
S1
|
Guru Kelas
|
24
|
Nunik Muningsih, S.Pd.I
|
S1
|
Guru Kelas
|
25
|
M. Ali Ashari Makmun, S.Pd.I
|
S1
|
Guru Mapel Agama
|
26
|
Saiful Bahri, S.Pd
|
S1
|
Guru Penjaskes
|
27
|
Muhammad Kozin, S.Pd.I
|
S1
|
Guru Matematika
|
28
|
Sahrul Inayah S.Pd
|
S1
|
Guru Matematika
|
29
|
Mar’atul Mutmainah, S.Pd.I
|
S1
|
Guru Mapel Agama
|
30
|
RafikaSilviantya Dinutari, S.Pd
|
S1
|
Guru Mapel Agama
|
31
|
Aminah
|
SLTA
|
Pegawai
|
32
|
Suparni,
S.Pd.I
|
S1
|
Pegawai
|
33
|
Fathul
Munir, S.Pd.I
|
S1
|
Operator
|
34
|
Wahyudi
|
SLTA
|
Satpam
|
35
|
Hanuji
|
SLTA
|
Tenaga
Kebersihan
|
G.
KEGIATAN
INTRA DAN EKSTRA KURIKULER
1.
Kegiatan Intrakurikuler
§ Struktur Kurikulum Menggunakan Kurikulum 2013
§ Mapel Agama seluruh kelas menggunakan Struktur Kurikulum K-13 sesuai KMA No 165 Tahun 2014
2. Kegiatan Ekstrakurikuler
§
Drumband
§
Pramuka
§
MTQ
§
Olahraga(Tenis
Meja,Volly dan Bulu Tangkis)
§
Hadrah
§
Tari
§
Pembinaan Mapel
KSM dan Olimpiade
§
Pembinaan Mapel
Ujian Nasional
H.
PRESTASI-PRESTASI
MADRASAH
Prestasi
yang pernah diraih oleh Madrasah Ibtidayah Negeri 1 Trenggalek, diantaranya:
§ Juara
1 Lomba Prestasi Madrasah tingkat MI se Kabupaten
§ Juara
1 lomba Kebersihan Madrasah Tingkat MI se Kabupaten
§ Juara
1 Lomba UKS Tingkat Kabupaten
§ Ditetapkan
sebagai sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten
FOTO-FOTO
No comments:
Post a Comment